4 aktivitas sehari-hari ini menggunakan teknologi AI lho!

Tanpa kita sadari, AI hadir saat ini dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Penerapan AI dalam kehidupan manusia semakin luas dari waktu ke waktu. Karena teknologi AI begitu canggih, kita mungkin tidak menyadari teknologi AI yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, jika Anda masih belum mengetahui keberadaan teknologi AI

, kami akan membantu Anda mengidentifikasinya. Kami menemukan teknologi AI dalam berbagai aktivitas manusia seperti berbelanja, Googling, bahkan mengambil foto yang rata-rata sudah menggunakan AI.

Berikut adalah contoh penggunaan teknologi AI dalam aplikasi yang dekat dengan kehidupan kita sehari-hari:

  1. Aplikasi Ojol

Aplikasi ojol (ojek online) seperti Gojek dan Grab merupakan aplikasi berbasis komunitas. Setiap hari, jutaan orang dapat memesan makanan melalui Gojek dan Grab atau memesan ojek atau mobil melalui aplikasi.

Dengan banyaknya pengguna yang aktif dalam aplikasi setiap hari

, tidak mengherankan jika para pengembang aplikasi mulai menggunakan teknologi yang lebih maju untuk mendukung layanan aplikasi.

Teknologi AI pada aplikasi ojol digunakan untuk mengoptimalkan proses pemilihan driver. Misalnya saat Anda memesan ojol, aplikasi langsung mencari driver yang lokasinya paling dekat dengan pelanggan.

Misalnya saat memesan makanan dengan kata kunci Soto, aplikasi langsung mencari daftar warung soto sesuai kriteria tertentu, mis.

Kemudian teknologi AI juga akan digunakan dalam pertanyaan tentang keselamatan pelanggan dan pengemudi. Teknologi AI sekarang digunakan untuk mendeteksi pemberhentian yang tidak direncanakan. Ketika sistem mendeteksi hal ini, sistem mengirimkan pemberitahuan kepada penumpang dan menanyakan apakah penumpang atau pengemudi membutuhkan bantuan.

  1. Streaming musik dan film

Saat ini, orang jarang mendengarkan musik yang disimpan di folder

lokal dan memutarnya menggunakan aplikasi pemutar musik standar di laptop atau ponsel mereka. Sebaliknya, orang sekarang lebih suka mendengarkan musik melalui aplikasi streaming musik seperti Spotify, Joox, Deezer, Apple Music, dll.

Hal yang sama berlaku untuk film. Orang jarang meminjam VCD dan DVD kemudian menontonnya di laptop atau televisi. Sekarang orang dapat melakukan streaming film seperti Netflix di laptop, ponsel, dan tablet, bahkan menontonnya di smart TV, atau menghubungkan gadget ke televisi melalui perangkat tambahan seperti Chromecast.

Keuntungan streaming musik dan film tentu saja tidak memakan banyak ruang di perangkat atau perangkat Anda. Selain itu, aplikasi streaming ini memiliki jutaan lagu dan film yang tentunya dapat didengarkan atau dilihat secara legal melalui paket berlangganan aplikasi.

Nah, aplikasi streaming musik dan film juga menggunakan teknologi AI lho. Teknologi AI digunakan untuk menemukan rekomendasi musik dan film yang paling sesuai dengan mood atau selera saat itu.

AI mengumpulkan data lagu-lagu yang sering didengar dan film yang sering ditonton, lalu meneliti data tersebut. Selanjutnya, aplikasi akan menampilkan rekomendasi untuk lagu dan film yang mirip dengan yang sering Anda dengar atau lihat.

  1. Belanja online

Belanja online juga tidak luput dari jangkauan teknologi AI, apalagi melihat pasar belanja online Indonesia yang sangat besar. Sudah sepantasnya teknologi AI digunakan untuk memuaskan pengalaman berbelanja masyarakat Indonesia.

Saat berselancar di Internet, baik itu berselancar di Google atau di media sosial seperti Facebook dan Instagram, kami menemukan kontribusi iklan. Postingan iklan ini terkadang merupakan postingan produk yang kami cari selama ini.

Tentu saja, ini bukan keajaiban, jadi jangan heran bagaimana internet tahu apa yang Anda butuhkan. Tidak begitu. Ini semua adalah karya ilmiah, khususnya karya AI. Sama seperti AI yang bekerja di aplikasi streaming musik dan film, AI memeriksa aktivitas pencarian Anda di internet dan kemudian menggunakan data tersebut untuk memberikan rekomendasi iklan untuk produk yang Anda butuhkan.

Salah satu cabang AI, pengenalan gambar, kini juga digunakan di situs atau aplikasi belanja online. Jika Anda ingin mencari produk tetapi tidak tahu namanya saat memiliki gambar, Anda dapat mengunggah gambar tersebut ke aplikasi atau situs belanja online. Kemudian mesin pengenalan gambar di situs atau aplikasi belanja online akan menampilkan produk yang mirip dengan gambar yang Anda unggah.

  1. Mengambil foto di smartphone

Smartphone menjadi lebih dan lebih canggih saat ini. Terkadang hal pertama yang membuat Anda bertanya-tanya saat membeli smartphone adalah apakah kameranya bagus. Oleh karena itu, kamera smartphone harus canggih dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen saat ini.

Kamera smartphone yang lebih canggih didukung oleh

Lihat Juga :

https://creasi.co.id/
https://fintekmedia.id/
https://kricom.id/
https://kissasian.id/
https://travelbos.co.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://www.sudoway.id/
https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://ngelag.com/
https://newsinfilm.com/
https://voi.co.id/
https://jadwalxxi.id/
https://desamembangun.id/
https://kanreg12bkn.id/
https://ejurnalbalaibahasa.id/
https://ppdb-batam.id/
https://balaibahasajateng.id/
https://www.bolt.id/