Perusahaan Gas Negara menggunakan IoT untuk meningkatkan efisiensi

Negara semakin mengintensifkan penggunaan Teknologi 4.0 dalam otoritas yang dikelolanya. Kini ada PGN (PT Perusahaan Gas Negara Tbk) yang menggunakan teknologi IoT untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan bisnisnya.

PT PGN merupakan sub-holding gas dan bagian dari holding migas Pertamina.

PT PGN mengelola 96% infrastruktur gas bumi. Tidak terbayangkan betapa besarnya peran PT PGN dalam mengelola pasokan dan distribusi gas ke seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas layanan perusahaan, PT PGN menggunakan teknologi smart utility berkelanjutan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan layanan gas bumi. Smart Utility yang digunakan berbasis teknologi 4.0 dan dinilai sangat matang dan andal untuk memastikan gas yang disalurkan tetap terjaga kontinuitas, kuantitas dan kualitasnya.
Dukungan teknologi untuk meningkatkan keandalan dan umur infrastruktur

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT PGN Tbk, Redy Ferryanto

, mengungkapkan banyak aset PGN yang sudah cukup tua. Kemudian jaringan serat optik PGN sepanjang Pulau Jawa hingga Singapura merupakan urat nadi teknologi smart utility PGN untuk keperluan pemeliharaan dan pengelolaan fasilitas transmisi yang diharapkan dapat merambah ke seluruh nusantara.

Teknologi smart utility juga sangat matang dan andal untuk pemeliharaan infrastruktur perpipaan yang berada di tengah hutan atau di bawah laut dan sulit dijangkau dengan sarana normal.

Penggunaan Teknologi 4.0 juga semakin banyak digunakan untuk mengkonversi gas bumi, mendistribusikan gas alam tanpa jaringan pipa, mengeksplorasi sumber gas alternatif dan menciptakan layanan dan produk yang relevan dengan pelanggan.


Gunakan IoT dan Big Data untuk menjadi lebih kompetitif

Dengan program baru Sapta PGN, perseroan berupaya memanfaatkan IoT dan big data agar lebih kompetitif di bisnis gas bumi.

Penambahan pelanggan baru PGN di berbagai daerah di Indonesia mendorong perusahaan untuk memajukan teknologi di berbagai aspek.

Salah satunya adalah Automatic Meter Reader (AMR), yang menggantikan pemasukan data konsumsi gas secara manual untuk pelanggan industri, komersial, dan pembangkit listrik. Teknologi AMR ini mengatasi masalah seperti pemborosan daya, perekaman dengan model GPRS, dan sistem yang tidak dapat diandalkan.

AMR memiliki penghemat energi untuk menghemat energi, pemantauan jarak jauh untuk pemantauan jarak jauh dan modem yang efisien.

Selain teknologi tersebut di atas, masih banyak teknologi lain yang digunakan PT PGN untuk mengelola gas pemerintah dan mendistribusikannya ke masyarakat. Bagi PGN, pemanfaatan Teknologi 4.0 seperti Smart Utilities menjadi landasan penting bagi keberhasilan pemanfaatan gas bumi di semua sektor.

AsiaQuest Indonesia adalah perusahaan konsultan IT terkemuka dan terpercaya di Indonesia dengan pengalaman dalam pembuatan website, sistem web, pengembangan aplikasi seluler, dll. Sekarang kami sedang menjajaki layanan IoT untuk mendukung transformasi digital di Indonesia. Kunjungi Layanan untuk melihat layanan yang kami tawarkan.

Lihat Juga :

https://merkbagus.id/
https://www.gurupendidikan.co.id/
https://www.dosenpendidikan.co.id/
https://teknosentrik.com/
https://daftarpaket.co.id/
https://memphisthemusical.com/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://www.i4startup.id/
https://dolanyok.com/
https://4winmobile.com/